Pengaruh lingkungan sekolah terhadap pembentukan karakter peserta didik

(Penelitian terhadap peserta didik di SDN 1 Parakannyasag Kota Tasikmalaya)

  • Husnul Solehudin Azmi Institut Agama Islam Latifah Mubarokiyah, Tasikmalaya, Indonesia.
  • Nana Suryana Institut Agama Islam Latifah Mubarokiyah, Tasikmalaya, Indonesia
  • Jonari hanafi Institut Agama Islam Latifah Mubarokiyah, Tasikmalaya, Indonesia
Keywords: Lingkungan Sekolah, Karakter, Peserta Didik.

Abstract

Lingkungan sekolah adalah ranah pendidikan kedua bagi peserta didik. Di lingkungan
sekolah peserta didik dibimbing dalam segala aspek, akhlak ilmu, dan keterampilan merupakan hal
yang sangat penting untuk dibina didalam lingkungan sekolah. Permasalahannya, apakah terdapat
pengaruh antara lingkungan sekolah terhadap pembentukan karakter peserta didik? Hal ini
berangkat dari anggapan bahwa terdapat pengaruh yang positif antara lingkungan sekolah terhadap
pembentukan karakter peserta didik di SDN 1 Parakannyasag.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh lingkungan sekolah
terhadap pembentukan karakter peserta didik di SDN 1 Parakannyasag. Penelitian ini diharapkan
dapat bermanfaaat dalam pengembangan ilmu, perbaikan dan acuan bagi peneliti, guru, maupun
kepala sekolah dalam menjalankan pendidikan kedepannya.
Metode yang digunakan untuk penelitian ini adalah metode deskriftif kuantitatif. Populasi
sebanyak 284 orang dan sampel sebanyak 20 responden dengan teknik Purposive Sampling. Teknik
pengumpulan data menggunakan angket, wawancara, observasi, dan dokumentasi beserta
pedomannya. Pengolahan data dilakukan melalui pengolahan data deskriftif dengan korelasi Rank
Spearman (????????).
Berdasarkan hasil penelitian ini adalah pengaruh lingkungan sekolah terhadap
pembentukan karakter rata-rata 31,75 adalah cukup. Pembentkan karakter peserta didik di SDN 1
Parakannyasag rata-rata 28,10 adalah cukup. Pengaruh lingkungan sekolah terhadap pembentukan
karakter peserta didik di SDN 1 Parakannyasag berdasarkan klasifikasi guildford, maka harga/nilai
???????? sebesar 0,61 berada pada klasifikasi tinggi.
Disarankan kepada peneliti lain untuk melakukan penelitian lanjutan dengan mengkaji
faktor-faktor lain yang turut berpengaruh terhadap pembentukan karakter peserta didik.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Agustian. (2007). Pendidikan Karakter. Bandung: Pustaka Setia Bandung.
Departemen Pendidikan dan Kebudayaan. Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka.
Hadianti, L. S. (2017). Pengaruh Pelaksanaan tata tertib sekolah terhadap kedisiplinan belajar
siswa (Penelitian deskriftif analisis di SDN SukakaryaII Kecamatan samarang Kabupaten
Garut). Jurnal Pendidikan UNIGA, 2(1), 1-8.
Hermawan, A. (2014). Mengetahui Karakteristik Peserta Didik untuk memaksimalkan
Pembelajaran. Jurnal Pendidikan Karakter, 7(1), 14-25.
Kusnawan,Wawan. (2015). Desain Penelitian Kualitatif. Tasikmalaya: Latifah Press.
Marlia, R. (2017). Efektivitas Perhatian Orang Tua dan Persepsi Atas Lingkungan Sekolah
Terhadap Prestasi Belajar Bahasa Indonesia. Faktor Jurnal Ilmiah Kependidikan, 4(2), 185-
192.
Nurhamzah. Penelitian Tindakan Kelas. Bandung: CV. Wahana Karya Grafika.
Nugroho, U. (2018). Metodologi penelitian kuantitatif pendidikan jasmani. Penerbit CV. Sarnu Untung.
Noor, Mahfudin dan Suparman. (2016). Pancasila. Bandung: Pustaka Setia.
Purwanto, Ngalim, 2011. Ilmu Pendidikan Teoretis dan Praktis. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Rahmatiani, L. (2020, September). Pendidikan kewarganegaraan sebagai pembentuk karakter
bangsa. In Seminar Nasional Kewarganegaraan (Vol. 2, pp. 87-94).
Sabekti, R. (2019). Hubungan intensitas penggunaan media sosial (jejaring sosial) dengan kecenderungan
narsisme dan aktualisasi diri remaja akhir (Doctoral dissertation, Universitas Airlangga).
Sakti, B.P. (2017). “Indikator Pengembangan Karakter Siswa Sekolah Dasar.”Magistra, No 101
XXIX September 2017
Setiawan, A. (2014). Prinsip pendidikan karakter dalam islam: studi komparasi pemikiran alGhazali dan Burhanuddin al-Zarnuji. Dinamika Ilmu: Jurnal Pendidikan, 1-12.
Sihombing, R. A., & Lukitoyo, P. S. (2021). Peranan Penting Pancasila Dan Pendidikan
Kewarganegaraan Sebagai Pendidikan Karakter Di Masa Pandemi Covid-19. Jurnal
Pendidikan Kewarganegaraan Undiksha, 9(1), 49-59.
Sukmadinata, Nana Saodih. (2017). Pengembangan Kurikulum. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistenm Pendidikan Nasional. Yogyakarta: Laksana
Kotler, P. & Keller, KL. (2012). Marketing management. New York: Prentice Hall.

Published
2023-06-30
How to Cite
Azmi, H., Suryana, N., & hanafi, J. (2023). Pengaruh lingkungan sekolah terhadap pembentukan karakter peserta didik. MADROSATUNA : Jurnal Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, 6(1), 48-54. https://doi.org/10.47971/mjpgmi.v6i1.677
Section
Articles