Upaya Guru dalam Meningkatkan Kemampuan Pembelajaran Bilangan Bulat pada Siswa Sekolah Dasar

  • Nur Annisa Salma Hanifah UIN Raden Mas Said Surakarta, Indonesia
  • Ari Nur Setia Ningsih UIN Raden Mas Said, Surakarta, Indonesia
  • Muhammad Shofi Mubarok UIN Raden Mas Said, Surakarta, Indonesia
  • Wiwiwn Astuti UIN Raden Mas Said, Surakarta, Indonesia
Keywords: Kemampuan, bilangan bulat, siswa

Abstract

Permasalahan yang dihadapi dalam pembelajaran matematika di jenjang SD/MI adalah sulit
dalam pemahaman konsep. Apalagi pada materi operasi bilangan bulat, sejumlah siswa masih belum
bisa menyelesaikan soal dengan baik. Oleh karenanya, guru harus berupaya agar pembelajaran dapat
mudah dimengerti siswa sehingga dapat mencapai tujuan pembelajaran yang ditetapkan. Penelitian
ini memiliki tujuan untuk untuk mengetahui strategi belajar yang tepat pada materi operasi bilangan
bulat di tingkat SD/MI yang meliputi operasi penjumlahan, pengurangan, perkalian dan pembagian.
Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah metode studi pustaka. Hasil penelitian
menerangkan bahwasanya terdapat beberapa strategi pembelajaran untuk meningkatkan
kemampuan menghitung operasi bilangan bulat. Strategi-strategi tersebut meliputi garis bilangan,
kartu berwarna, jarimatika dan dengan menggunakan model NHT (Numbered Head Together). Strategi
garis bilangan dan kartu berwarna digunakan untuk mempelajari konsep penjumlahan dan
pengurangan bilangan bulat. Strategi jarimatika digunakan untuk memudahkan dalam belajar
konsep perkalian. Sedangkan model NHT (Numbered Head Together) digunakan untuk
memvariasikan pembelajaran konsep pembagian.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Aras, I., Hermansyah, H., & Darmayasa, J. B. (2021). Pembelajaran Operasi Penjumlahan dan
Pengurangan Bilangan Bulat Menggunakan Garis Bilangan. Al-Khwarizmi : Jurnal Pendidikan
Matematika Dan Ilmu Pengetahuan Alam, 9(1), 13–28.
https://doi.org/10.24256/jpmipa.v9i1.1339
Batubara, H. H. (2015). Penelitian Penelitian Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif pada
Materi Operasi Bilangan Bulat Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif pada Materi
Operasi Bilangan Bulat INFORMASI. Jurnal Madrasah Ibtidaiyah, 1(1), 1–12.
Desvianti. (2020). Jurnal basicedu. Jurnal BASICEDU, 4(4), 1201–1211.
Erfan, M., Sari, N., Suarni, N., Maulyda, M. A., & Indraswati, D. (2020). Peningkatan Hasil Belajar
Kognitif Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Head Together (Nht)
Tema Perkalian Dan Pembagian Pecahan. Jurnal IKA PGSD (Ikatan Alumni PGSD) UNARS,
8(1), 108. https://doi.org/10.36841/pgsdunars.v8i1.588
Fatimah. (2018). Penggunaan Kartu Berwarna Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Pada
Materi Penjumlahan Dan Pengurangan Bilangan Bulat. Ibtidai, 5(1), 1–18.
https://doi.org/https://doi.org/10.32678/ibtidai.v5i01.1324
Khaeroni. (2015). Ragam Permasalahan dalam Pembelajaran Operasi Hitung Bilangan Bulat di
SD/MI. Jurnal Keilmuan Dan Kependidikan Dasar PRIMARY, Vol.VII(No. 2).
Malyulita, Y. (2015). Peningkatan Kemampuan Menghitung Perkalian Menggunakan Teknik Jari
Tangan Pada Pelajaran Matematika Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 15(1),
24–28.
Marogi, A., Hidayat, S., Guru, P., Dasar, S., Pendidikan, U., Kampus, I., & Pendahuluan, A. (2016).
Pengembangan Multimedia Pembelajaran Interaktif Berbasis Flash Model Simulasi pada Materi
Pengenalan Konsep Bilangan Bulat. 292–302.
Mulyani, S. (2013). Meningkatkan Kemampuan Perkalian Bilangan Bulat 6-10 Melalui Metode
Jarimatika Bagi Anak Tunarungu. Jurnal Ilmiah Pendidikan Khusus, 1(2), 150–160.
Panjaitan, M. (2018). Meningkatkan Kemampuan Menghitung Perkalian Melalui Metode
Jarimatika Pada Siswa Kelas Iii Sdn 106162 Kec. Medan Estate. School Education Journal Pgsd
Fip Unimed, 8(2), 200–208. https://doi.org/10.24114/sejpgsd.v8i2.10257
Puspaningrum, D. I., Wijayanto, M. N., & Setiawaty, R. (2022). Model NHT untuk Meningkatkan
Hasil Belajar Siswa Sekolah Dasar ( Literature Review ). Seminar Nasional LPPM UMMAT, 1, 183–
200.
Rahmadi. (2011). Pengantar Metodologi Penelitian. Antasari Press.
Sidik, G. S., & Wakih, A. A. (2020). Kesulitan Belajar Matematik Siswa Sekolah Dasar Pada Operasi
Hitung Bilangan Bulat. NATURALISTIC : Jurnal Kajian Penelitian Pendidikan Dan Pembelajaran,
4(1), 461–470. https://doi.org/10.35568/naturalistic.v4i1.633
Unaenah, E., Khofifaturrahmah, M., Nurbaiti, L., Oktaviani, N. M., Zahrotun, S. N., &
Muhammadiyah Tangerang, U. (2020). Pembelajaran Matematika Operasi Hitung Bilangan
Bulat Dengan Alat Peraga. PENSA : Jurnal Pendidikan Dan Ilmu Sosial, 2(1), 117–124.
https://ejournal.stitpn.ac.id/index.php/pensa
Wahyuningtyas, D. (2018). Modul Pembelajaran Matematika 1. Universitas Kanjuruhan.
https://www.ptonline.com/articles/how-to-get-better-mfi-results
Wahyuningtyas, D. T. (2015). Pembelajaran Bilangan untuk PGSD (Vol. 3)

Published
2023-06-30
How to Cite
Salma Hanifah, N., Setia Ningsih, A., Mubarok, M., & Astuti, W. (2023). Upaya Guru dalam Meningkatkan Kemampuan Pembelajaran Bilangan Bulat pada Siswa Sekolah Dasar. MADROSATUNA : Jurnal Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, 6(1), 39-47. https://doi.org/10.47971/mjpgmi.v6i1.676
Section
Articles