Profil Perkembangan Kemampuan Membaca Permulaan Siswa Kelas I SD Negeri 02 Sastrodirjan
Abstract
Berdasarkan latar belakang pada penelitian ini terdapat masalah terhadap kemampuan membaca permulaan siswa yang masih mengeja huruf dan belum digunakannya model dan media pembelajaran yang bervariasi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan membaca permulaan pada siswa kelas I SD Negeri 02 Sastrodirjan. Penelitian ini menggunakan penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif, Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini mengunkaan teknik yang terdiri dari wawancara, observasi, dokumentasi dan triangulasi atau gabungan. Teknik analisis data dala penelitian ini menggunakan redaksi data, penyajian data, dan Verification. Hasil penelitian menunjukkan bahwa perkambangan kemampuan membaca permulaan siswa kelas I SD Negeri 02 Sastrodirjan masih rendah yang disebabkan salah satunya oleh faktor kurangnya perhatian orang tua. Dalam mengatasi masalah ini, guru perlu menggunakan model dan media pembelajaran dalam pembelajaran.
Downloads
References
Herlina, E. S., Agama, I., Negeri, K., & Tarutung, I. (n.d.). P-issn : 2549-3043 e-issn : 2655-3201. 5.
Pratiwi, I. M., & Ariawan, V. A. N. (2017). Analisis Kesulitan Siswa Dalam Membaca Permulaan Di Kelas Satu Sekolah Dasar. Sekolah Dasar: Kajian Teori Dan Praktik Pendidikan, 26(1), 69–76. https://doi.org/10.17977/um009v26i12017p069
Puspita, A., & Sari, D. P. (2021). Meningkatkan Kemampuan Membaca Permulaan Siswa Kelas I SD Bahrul Ulum Surabaya. 3(2), 153–162.
Suharsimi Arikunto. 2014. Prosedur Penelitian, Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta : Rineka Cipta.
Sugiyono. 2019. Metode Penelitian Kuantatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung : ALFABETA.
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.