PENYESUAIAN DIRI DI SEKOLAH PADA ANAK YANG MENGALAMI SELECTIVE MUTISM
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk memahami penyesuaian diri di sekolah pada anak yang mengalami selective mutism dengan usia 12 tahun yang saat ini duduk di bangku sekolah dasar. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan pendekatan fenomenoligi untuk mengetahui gambaran psikologis anak yang memiliki gangguan selective mutism, dengan jumlah responden 7 orang antara lain 1 responden, dan 6 informan. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu wawancara menggunakan guide interview dan observasi. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan dapat disimpulkan bahwa pengalaman responden yang beragam dan penuh tekanan akan memengaruhi penyesuaian diri anak di sekolahnya, terkhususnya anak yang terbukti mengalami selective mutism yang seketika memberikan penilaian mengenai lingkungan sekolah sehingga responden mengambil sikap di lingkungan sosial berbeda dengan lingkungan rumahnya.
Downloads
References
Bauserman, R. (2002). Child adjustment in joint-custody versus sole-custody arrangements: A meta-analytic review. Family Psychology, 16(1), 91–102.
Cohan, S. L., Chavira, D. a., & Stein, M. B. (2006). Practitioner review: Psychosocial interventions for children with selective mutism: A critical evaluation of the literature from 1990-2005. Journal of Child Psychology and Psychiatry and Allied Disciplines, 47, 1085–1097. http://doi.org/10.1111/j.1469-7610.2006.01662.x
Creswell, J. . (2010). Research design: Pendekatan kualitatif, kuantitatif, dan mixed (3rd ed.). Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Creswell, J. W. (2007). Qualitative enquiry & research design, choosing among five approaches (Vol. 2, p. 395). London: SAGE Publications. http://doi.org/10.1016/j.aenj.2008.02.005
Cunningham, C. E., McHolm, A., Boyle, M. H., & Patel, S. (2004). Behavioral and emotional adjustment, family functioning, academic performance, and social relationships in children with selective mutism. Journal of Child Psychology and Psychiatry and Allied Disciplines, 45(8), 1363–1372. http://doi.org/10.1111/j.1469-7610.2004.00327.x
Hurlock, E. B. (1980). Psikologi Perkembangan: Suatu pendekatan sepanjang rentan kehidupan. Jakarta: Penerbit Erlangga.
Jahja, Y. (2011). Psikologi perkembangan. Jakarta: Kencana.
Krejcie, R. V, & Morgan, D. W. (1970). Determining Sample Size for Research Activities. Educational and Psychological Measurement, 30, 607–610.
Krysanski, V. L. (2003). A brief review of selective mutism literature. The Journal of Psychology, 137(1), 29–40. http://doi.org/10.1080/00223980309600597
Kumpulainen, K., Räsänen, E., Raaska, H., & Somppi, V. (1998). Selective mutism among second-graders in elementary school. European Child and Adolescent Psychiatry, 7, 24–29. http://doi.org/10.1007/s007870050041
Ningrum, P. R. (2013). Perceraian orang tua dan penyesuaian diri remaja. Psikologi, 1(1), 69–79.
Schneiders, A. A. (1960). Personal adjustment and mental health. Illinois: Holt, Reinhart and Winston Inc.
Semiun, Y. (2006). Kesehatan mental 1: Pandangan umum mengenai penyesuaian diri dan kesehatan mental serta teori-teori yang terkait. Yogyakarta: Kansius.
Sidauruk, A. (2015). Terapi Gangguan Selective Mutism SM. Retrieved July 01, 2016, from http://www.ayahbunda.co.id/balita-gizi-kesehatan/terapi-gangguan-selective-mutism-sm-
Sloan, T. L. (2007). Family therapy with selectively mute children: A case study. Journal of Marital and Family Therapy, 33(1), 94–105. http://doi.org/10.1111/j.1752-0606.2007.00008.x
Sluckin, A., & Smith, B. R. (2015). Tacking selective mutism: Guide for professionals and parents. Statewide Agricultural Land Use Baseline 2015 (Vol. 1). London: Jessica Kingsley Publishers. http://doi.org/10.1017/CBO9781107415324.004
Smyth, R. (2012). Helping children and youth with selective mutism : Information for parents and caregivers. Ottawa: Cheo.
Sugiyono. (2008). Memahami penelitian kualitatif. Bandung: Alfabeta.
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.